Sertifikat TOEFL yang Diakui LPDP

Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap 2 sudah dibuka nih! Bagaimana persiapan Kawan YEC untuk persyaratannya? Apakah sudah lengkap semua? Beasiswa LPDP mensyaratkan berkas-berkas yang harus dipenuhi guna bisa melanjutkan untuk ke tahap selanjutnya, beberapa diantaranya adalah:

 

  1. Ijazah
  2. Transkrip nilai
  3. LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan
  4. Surat Rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi
  5. Surat Pernyataan bermaterai
  6. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris

 

Daftar tersebut hanya beberapa berkas saja ya. Terkait dengan sertifikat kemampuan bahasa Inggris, salah satu yang umum digunakan oleh scholarship hunters adalah sertifikat TOEFL. Apakah Kawan YEC sudah memilikinya? Lalu, apa sih TOEFL itu?

TOEFL atau Test of English as a Foreign Language adalah tes kemampuan bahasa Inggris yang hasilnya biasanya digunakan untuk mendaftar universitas maupun beasiswa. Selain itu, sertifikat TOEFL juga biasanya digunakan sebagai syarat untuk mendaftar pekerjaan. Sertifikat TOEFL secara resmi hanya dikeluarkan oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah organisasi nirlaba yang berpusat di Princeton, New Jersey, Amerika. Untuk keperluan LPDP, ada dua jenis sertifikat TOEFL yang dapat digunakan, yakni TOEFL ITP dan TOEFL iBT. Apa perbedaan di antara keduanya?

 

TES TOEFL ITP Untuk LPDP

  • Tes ini mengukur tiga aspek kemampuan bahasa Inggris: mendengar (listening), struktur (grammar), dan membaca (reading)
  • Skor berkisar antara 330-667
  • Harga lebih terjangkau daripada TOEFL iBT
  • Umumnya digunakan untuk beasiswa dalam negeri
  • TOEFL ITP hanya berdurasi 115 menit

 

TES TOEFL iBT untuk LPDP

  • Tes ini mengukur empat aspek kemampuan bahasa Inggris: membaca (reading), mendengar (listening), struktur (grammar), dan berbicara (speaking)
  • Skor berkisar antara 0-120
  • Harga lebih mahal daripada TOEFL ITP
  • Umumnya digunakan untuk beasiswa luar negeri
  • Durasi TOEFL iBT cenderung lebih lama, yakni sampai 4,5 jam

 

Nah, ini nih yang perlu diperhatikan oleh Kawan YEC. Sertifikat TOEFL yang diterima oleh LPDP adalah sertifikat yang diterbitkan secara resmi oleh ETS sesuai dengan informasi yang disampaikan di laman berikut (https://bantuan.lpdp.kemenkeu.go.id/kb/articles/institusi-yang-diakui-oleh-lembaga-pengelola-dana-pendidikan-lpdp-untuk-mengeluarkan-skor-toef). Berdasarkan jawaban di laman tersebut, “Institusi  yang  diakui  oleh  Lembaga  Pengelola  Dana  Pendidikan  (LPDP)  untuk mengeluarkan  skor  TOEFL  ITP/TOEFL  iBT/IELTS/PTE Academic/Duolingo/TOEP dalam  rangka  pendaftaran beasiswa    LPDP    yaitu    institusi    yang    terakreditasi    Educational    Testing Service/ETS  (www.ets.org) dan  institusi  yang  terakreditasi International  English Language Testing System/IELTS (www.ielts.org) untuk skor IELTS serta PTE Academic (www.pearsonpte.com) dan Duolingo English Test (englishtest.duolingo.com), dan Test of English Proficiency/TOEP (plti.co.id).”

 

Selain sertifikat TOEFL, sebenarnya LPDP juga menerima sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang lain, yakni sertifikat IELTS dan PTE Academic. Namun jika dibandingkan dengan sertifikat TOEFL, kedua sertifikat tersebut kurang umum di Indonesia. Sehingga Kawan YEC bisa mempertimbangkan secara mandiri jika ingin mengambil kedua tes tersebut.

 

Lalu apakah ribet buat tes TOEFL? Tentu tidak dong! Kawan YEC bisa langsung daftar, persiapkan Laptop, HP, dan koneksi, lalu tinggal melaksanakan tes di rumah. Nantinya jika sertifikat fisik sudah selesai diproses, yang biasanya membutuhkan waktu sekitar 14-25 hari kerja, sertifikat fisik itu akan dikirimkan ke alamat Kawan YEC. 

 

Pendaftaran Tahap 2 hanya sampai 18 Juli 2024, kira-kira keburu tidak ya jika baru tes sekarang? Kawan YEC tidak perlu khawatir, karena untuk LPDP bisa menggunakan sertifikat Unofficial yang bisa langsung didownload setelah pelaksanaan tes selesai. Hal itu sejalan dengan informasi yang dapat Kawan YEC lihat di laman berikut (https://bantuan.lpdp.kemenkeu.go.id/kb/articles/ketentuan-sertifikat-toefl-itp-menggunakan-score-official-dan-bukan-dalam-bentuk-sertifikat)

 

Di YEC, terdapat tes TOEFL ITP Online resmi bersertifikat dan tes TOEFL iBT resmi bersertifikat. Kawan YEC dapat mengambil tes sesuai dengan kebutuhan berkas yang dipersyaratkan. Tidak perlu khawatir, karena YEC sudah berkolaborasi dengan salah satu test center resmi Indonesian International Education Foundation/IIEF, perwakilan ETS di Indonesia. Namun karena peminatnya pasti tinggi, yuk jangan sampai kehabisan seat dan segera daftar tes TOEFL di YEC

Ambil Promo TOEFL ITP Terbaru

Hubungi Admin kami untuk mendapatkan Promo Tes TOEFL ITP terbaru. Daftar Segera Promo Terbatas !

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top