Skor TOEFL untuk Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP tahap 2 tahun 2024 telah dibuka tanggal 19 Juni. Apakah Kawan YEC sudah mempersiapkan dokumen persyaratannya?

 

Salah satu dokumen persyaratan yang harus dipersiapkan adalah sertifikat kemampuan bahasa Inggris yakni TOEFL, baik TOEFL ITP maupun TOEFL iBT disesuaikan dengan program beasiswa LPDP yang Kawan YEC lamar. Selain itu Kawan YEC juga perlu memastikan bahwa dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang kalian miliki tersebut diterbitkan paling lambat 2 tahun terakhir dari tahun pendaftaran beasiswa dan terakreditasi oleh Educational Testing Service (ETS).

 

Dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris ini penting untuk dipersiapkan jauh-jauh hari karena Kawan YEC harus mencapai skor tertentu agar dapat melamar beasiswa LPDP. Perlu Kawan YEC ketahui juga bahwa LPDP memiliki beberapa program beasiswa yang tentu saja memiliki persyaratan skor minimal yang berbeda. 

 

Skor minimal TOEFL LPDP

 

Program Beasiswa Umum

Program beasiswa ini dibagi menjadi tiga yaitu beasiswa perguruan tinggi utama dunia, beasiswa reguler dan beasiswa parsial. Berikut ketentuan skor minimal TOEFL untuk ketiga beasiswa tersebut.

 

Jenis Beasiswa Master Doktor
Dalam Negeri Luar Negeri Dalam Negeri Luar Negeri
Perguruan Tinggi Utama Dunia tidak ada program iBT 80 tidak ada program iBT 80
Reguler ITP  500

IBT 61

iBT 80 ITP  530

iBT 70

iBT 94
Parsial ITP  500

iBT 61

iBT 80 ITP  530

iBT 70

iBT 94

 

Program Afirmasi

Untuk program beasiswa afirmasi di tahun 2024 ini mengalami perubahan. Pendaftaran jalur afirmasi kini tak perlu sertifikat bahasa Inggris untuk mendaftar program S2 dan S3 Dalam Negeri.

 

Jenis Beasiswa Master Doktor
Dalam Negeri Luar Negeri Dalam Negeri Luar Negeri
Prasejahtera tidak disyaratkan ITP 500

iBT 61

tidak ada program tidak ada program
Putra-putri Papua tidak disyaratkan tidak disyaratkan tidak disyaratkan tidak disyaratkan
Daerah Afirmasi tidak disyaratkan ITP 500

iBT 61

tidak disyaratkan ITP 500

iBT 61

Penyandang Disabilitas tidak disyaratkan ITP 500

iBT 61

tidak disyaratkan ITP 500

iBT 61

Khusus Penyandang Disabilitas Rungu/Tuli tidak disyaratkan ITP rata-rata 50 untuk komponen reading dan structure (listening bisa diabaikan) tidak disyaratkan ITP rata-rata 50 untuk komponen reading dan structure (listening bisa diabaikan)

 

Program Targeted

Program beasiswa ini dibagi menjadi beberapa jenis beasiswa Berikut ketentuan skor minimal TOEFL untuk program targeted tersebut.

 

Jenis Beasiswa Master Doktor
Dalam Negeri Luar Negeri Dalam Negeri Luar Negeri
PNS/TNI/Polri ITP  500

iBT 61

iBT 80 ITP  530

iBT 70

iBT 80
Kewirausahaan tidak ada program iBT 61 tidak ada program tidak ada program
Pendidikan Kader Ulama ITP  400

iBT 33

tidak ada program ITP  450

iBT 45

tidak ada program
Dokter Spesialis dan Subspesialis ITP  475

iBT 51

Prioritas LPDP-NTU Program Doktor tidak ada program tidak ada program tidak ada program iBT 100
Prioritas LPDP-UNSW Program Doktor tidak ada program tidak ada program tidak ada program iBT 100
Beasiswa Prioritas LPDP-Dundee University UK Program Doktor tidak ada program tidak ada program tidak ada program iBT 94
Prioritas LPDP-NUS Business School Program Master tidak ada program iBT 100 tidak ada program tidak ada program
Doktor untuk Talenta Riset & Inovasi Nasional BRIN tidak ada program tidak ada program tidak ada program iBT 80
Kerja Sama Bidang Ekonomi & Perdagangan Internasional dan Bidang Transportasi CSU tidak ada program tidak ada program tidak ada program iBT 61
Kerja Sama Bidang Metallurgical Engineering USTB tidak ada program tidak ada program tidak ada program iBT 61

Sertifikat TOEFL ITP resmi dari ETS umumnya memerlukan waktu pemrosesan sekitar 14- 25 hari kerja. Karenanya, para pelamar LPDP lebih dianjurkan untuk mengikuti tesnya jauh-jauh hari agar bisa mempersiapkan sertifikat TOEFL ITP lebih dini. 

Pada dasarnya, pelamar beasiswa diwajibkan untuk melampirkan Official Score atau hasil resmi. Namun Kawan YEC tak perlu risau apabila belum mendapatkan Official Score nya, karena ada Unofficial Student Score Report. Unofficial Student Score Report adalah dokumen hasil tes TOEFL ITP Online. Dokumen ini muncul otomatis pada akhir sesi tes. Kawan YEC bisa mendapatkannya dengan cara mengunduh setelah menyelesaikan tes.

Unofficial Student Score Report dapat kamu lampirkan sebagai sertifikat bahasa (TOEFL ITP), seperti yang tercantum pada “Panduan Pendaftaran Beasiswa Reguler Tahun 2024” halaman 134 ( dapat diunduh di https://lpdp.kemenkeu.go.id/en/beasiswa/umum/beasiswa-reguler-2024/ ) dan jawaban pada laman https://bantuan.lpdp.kemenkeu.go.id/kb/articles/ketentuan-sertifikat-toefl-itp-menggunakan-score-official-dan-bukan-dalam-bentuk-sertifikat , apabila pelamar belum mendapatkan Official Score, pelamar dipersilakan untuk mengunggah Unofficial Student Score Report yang diterbitkan oleh Provider terlebih dahulu.

Bagi Kawan YEC yang sedang mencari sertifikat TOEFL LPDP yang terakreditasi ETS namun terkendala waktu dan lokasi, YEC punya solusinya untuk kamu. YEC menyelenggarakan “ETS: TOEFL ITP Online”, Tes TOEFL ITP Online Resmi Bersertifikat. Kawan YEC bisa daftar dari rumah, tes online dari rumah, dan sertifikat dikirim ke rumah. 

Kamu tidak perlu repot-repot mencari lokasi penyelenggaraan tes. Cukup duduk manis di rumah, kamu bisa melaksanakan tes TOEFL ITP. Kamu pun juga tidak perlu repot untuk mengambil sertifikat TOEFL, karena sertifikatnya akan diantar ke rumahmu. 

Yuk deadline pendaftaran beasiswa LPDP 2024 semakin mendekat, jadi segerakan untuk mengamankan seat-mu pada penyelenggaraan tes ““ETS: TOEFL ITP Online”” terdekat dan menangkan persaingan dari ribuan scholarship hunters lainnya!

 

Ambil Promo TOEFL ITP Terbaru

Hubungi Admin kami untuk mendapatkan Promo Tes TOEFL ITP terbaru. Daftar Segera Promo Terbatas !

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top